PANITIA NASIONAL SAIL BANDA 2010 TINJAU BANDA NAIRA

AMBON - Panitia penyelenggara Sail Banda Nasional meninjau Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, guna mengecek kesiapan pesta bahari bertaraf internasional di sana yang penyelenggaraannya dijadwalkan pada Juli - Agustus 2010, kata Wagub Maluku, Said Assagaff.

"Tim langsung dipimpin Sekretaris I Panitia Nasional Sail Banda, Ajie Soelarso dengan memanfaatkan jasa pesawat Cassa 212," katanya kepada ANTARA, di Ambon, Rabu.

Ajie Soelarso yang adalah Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan itu tiba di Ambon Selasa pagi, selanjutnya berangkat ke Banda Naira dan kembali Selasa sore.

Wagub Assagaff yang juga ketua panitia Sail Banda lokal itu mengatakan berbagai pembenahan sedang dirampungkan di Banda guna memberikan pelayanan prima bagi peserta maupun turis di sana.

"Kegiatan di Banda dijadwalkan pada 27 - 29 Juli 2010. Sedangkan pelepasan peserta dari Darwin, Australia Utara 24 Juli 2010 sehingga tim dari panitia nasional perlu melihat sejauh mana persiapan di Banda," ujarnya.

Pertimbangannya berdasarkan informasi sekitar 200-an perahu peserta Sail Banda akan berlabuh di perairan Banda Naira.

"Jadi perlu ditentukan lokasi penambatan perahu dengan disain lego jangkar sehingga tidak merusak kelestarian ekosisten penyelaman di Banda Naira yang merupakan 'surga' bawah laut memiliki pesona terindah di dunia sehingga merupakan salah pertimbangan Sail Bunaken dialihkan ke daerah tempat pengasingan sejumlah tokoh nasional seperti Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir dan Cipto Mangungkusumo," kata Wagub.

Dia berbesar hati diselenggarakannya Sail Banda karena strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata bahari Maluku, sekaligus mencanangkan daerah ini sebagai lumbung ikan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan di Ambon pada 3 Agustus 2010.

Kepulauan Banda memiliki 52 lokasi penyelaman yang indah dan ini sudah terdaftar di Unesco sebagai aset pariwisata menarik untuk dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri, termasuk Putri Diana dari Inggris dan artis legendaris dunia, Mick Jagger.

Banda, Kota Ambon dan Tiakur merupakan lokasi kegiatan Sail Banda yang ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasarkan SK No: 35 tahun 2009 tertanggal 14 Desember 2009.
(ANT/B010)

0 comments:

SAIL BANDA 2010

Serba-Serbi Banda Naira