Bermain sepak bola ternyata membakar lebih banyak lemak dan membentuk otot lebih baik ketimbang joging. Hal itu terungkap dalam penelitian tim Universitas Kopenhagen, Denmark terhadap 37 pria. Penelitian itu juga menemukan mereka yang bermain sepak bola mengalami kelelahan lebih lama ketimbang joging.


Penelitian itu dilakukan dengan memasang monitor jantung di dada 37 responden tersebut. selain itu, sampel darah dan jaringan otot sebelum aktivitas diperiksa. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok untuk bermain sepak bola dan joging.

Aktivitas itu mereka lakukan selama satu jam per hari selama tiga pekan, persentasi lemak di tubuh responden yang bermain sepak bola diketahui menurun 3.7%, sedangkan yang berjoging hanya 2%. Responden yang bermain sepak bola juga mengalami penambahan masa otot sebanyak 2.04 kg, sedangkan pejoging tidak mengalami penambahan massa otot sedikitpun.

Selain itu.............

Memaafkan bisa membuat manusia tetap sehat dan jauh dari penyakit. Hal itu terungkap dalam hasil penelitian tim Universitas Stanford selama sepuluh tahun. Penelitian itu dilakukan dengan cara memasukkan sesi 'memberi maaf' dalam program terapi pasien. Mereka yang sakit dibimbing untuk memiliki perasaan yang positif terhadap hal-hal yang dibenci.


Hasilnya para pasien memiliki fungsi jantung yang jauh lebih baik, rasa sakit kronis mereka berkurang, dan terbebas dari depresi. Dalam jangka panjang, mereka yang mengikuti sesi itu dilaporkan memiliki kesehatan fisik dan mental yang sangat baik ketika menginjak usia paruh baya.

Bahkan, mereka yang sangat sakit pun mengaku lebih merasakan kepuasan hidup. Menurut psikolog Fred Luskin, anggota dari tim peneliti, memaafkan bisa menjadi sikap yang bisa dipelajari, dilatih, dan diulangi. Mirip seperti bagaimana manusia belajar terbiasa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga

0 comments:

SAIL BANDA 2010

Serba-Serbi Banda Naira