Berburu Signal di Gang Hallo


Siapa yang tidak mengenal Proklamator Mohammad Hatta? Bagi masyarakat di Kepulauan Banda Neira, sosok ini telah dikenal sejak sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan. Pasalnya, dalam sejarah perjuangannya bagi kebebasan Bangsa Indonesia, Hatta sempat diasingkan ke Banda Naira oleh pemerintah Kolonial Belanda yang saat itu telah bercokol di Tanah Banda Alaihissalam sejak abad ke-16.

Karena begitu kentalnya sosok yang satu ini bagi Masyarakat Banda, Pulau Rosengain--salah satu pulau di sebelah timur kepulauan Banda--diberi nama Pulau Hatta. Selain itu terdapat juga "Rumah Hatta", rumah tempatan Mohammad Hatta selama diasingkan di Pulau Banda. Selain itu, terdapat pula jalan Dr. Mohammad Hatta yang melintasi tepat di depan Rumah Hatta, yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi oleh masyarakat Banda Neira. Pasalnya, terdapat "hotspot" T-Sel di sana, "kol pi di Neira jang lupa pi di Gang Hallo, esemes tata pia, bilang antua kapal bale bor mama kirim bakasang", begitu pesan salah seorang warga di Pulau Lonthoir agar anaknya menghubungi bibi-nya yang berdomisili di Ambon.

Kini, salah satu bagian dari Jalan Dr. Mohammad Hatta itu lebih dikenal warga sebagai "Gang Hallo", karena di pusat pemerintahan negeri Dwiwarna itu telah dipasang pemancar jaringan seluler telkomsel, walaupun daya pancar-nya masih terbatas dalam radius kurang lebih 50 meter. Kini, warga Banda telah berlega hati, "biar cuma di sekitar sini, yang penting signal su ada, dar pada trada sama sekali" kata salah satu warga yang sepertinya paling sering nongkrong di Gang Hallo dibanding warga lainnya.

"Biar Lambat Asal Selamat, Biar signal Ngadat yang penting bisa ngucapin selamat", kata salah satu mahasiswa yang sempat ditemui di Gang Hallo pada sore hari Idul Fitri 1429 H. Namun, ketika salah teman mahasiswa tadi dimintai tanggapannya atas tersedianya jaringan seluler tersebut, "Bagi kami, kehadiran pemancar ini patut diapresiasi positif, namun kita mestinya jangan sampai lupa bahwa, warga Banda Naira yang berasal dari pulau-pulau lain perlu menikmati layanan yang serupa. Perlu langkah arif baik dari pemda maupun dari investor untuk, tidak hanya menciptakan Gang Hallo-Gang Hallo lain, namun kami lebih berharap, dimanapun kami berada, kami bisa "say hello".

2 comments:

Anonymous said...

go..go..banda!
biar sinyal kadang ilang, ada bae darpada tar datang2....
biar sinyal kurang, yg penting bisa say hi sayang....
biar sinyal ngadat, yg penting tampil mantaaaap....!

Anonymous said...

mainkan saja sinyalnya yang penting dimanfaatkan ke arah yang positif aja jangan cuman tau pake doang.

Bang ada situs b baru bikin ini alamatnya :
http://sma1banda.com

Tolong jalan2 e... skalian masukannya

biasa OL dari man?

SAIL BANDA 2010

Serba-Serbi Banda Naira