Banyak Cara yang dilakukan masyarakat Banda Naira ketika menyambut datangnya bulan ramadhan. Mulai dari menyiapkan DUNANG-DUNANG menjelang Maghrib hingga menyajikan Kua Asam Pala ketika Sahur tiba. Ikan Kuah Pala termasuk salah satu menu favorit di Banda Naira. Bila lebaran tanpa ketupat terasa belum lengkap, di Banda Naira, ..... SAHUR BELUM LENGKAP TANPA ....KUAH ASAM PALA ...

Sup ikan kuah pala pengolahannya sebenarnya mudah dan bumbunya sederhana. Kendala utama mungkin buah pala yang jarang dijumpai di pasar di luar Maluku.

Langkah pertama adalah memilih ikan segar yang akan dibuat sup. Paling mantap ikan laut seperti kerapu dan kakap merah yang dagingnya lembut dan menyerap bumbu. Setelah ikan dibersihkan dan siap diolah, siapkan bumbu, yaitu bawang merah, laos, cabai merah, dan terasi. Bumbu- bumbu diulek hingga halus.

Langkah selanjutnya merebus air, setelah mendidih masukkan bumbu-bumbu. Kemudian ikan dimasukkan bersama irisan tipis-tipis daging pembungkus biji pala. Tambahkan sedikit garam dan serai tumbuk untuk rasa dan aroma segar. Angkat setelah ikan dan buah pala matang.

Untuk variasi hidangan bisa disajikan daun pepaya yang dihilangkan rasa pahitnya. Caranya, daun pepaya direbus menggunakan air tanah liat. Setelah direbus, daun pepaya dibersihkan dan diiris-iris halus. Siapkan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai, dan terasi kemudian digiling halus.

Daun pepaya dan bumbu ditumis di atas api kecil, tambahkan garam, kenari giling, dan setengah gelas air. Daun pepaya dibolak-balik hingga matang dan sajikan bersama sup ikan kuah pala, sambal bekasang, ulang-ulang, dan ikan bakar.

1 comments:

Anonymous said...

mantap...! ikang kua asam pala biking gember malele....

SAIL BANDA 2010

Serba-Serbi Banda Naira