SMK I Banda Naira Jajaki Kerjasama Dengan Perusahan Jepang



Direncanakan dalam waktu dekat ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Banda, Kecamatan Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) akan menjajaki kerjasama dengan salah satu perusahaan asing yang berkedudukan di Indonesia.

Kerjasama di bidang perikanan tersebut selain untuk memberikan kontribusi bagi daerah, juga bagi peningkatan kualitas SMK itu sendiri. “Memang benar, kita (SMK I Banda) akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Waisiti, perusahaan Jepang yang berkedudukan di Indonesia,’’ ungkap Kepala SMK I Banda, Rahman Ladjai, kepada Koran ini, kemarin.

PT. Waisiti sendiri, kata dia, telah melakukan berbagai persiapan dalam rangka penyediaan sarana prasarana penunjang seperti, penempatan fresher (pendingin-red) super minus 60 derajat sebagai tempat penampungan ikan.

“Container Fresher super minus 60 derajat ini direncanakan akan ditempatkan di sana (Banda Naira) sebagai tempat penampungan ikan. Fresher ini merupakan produk pertama di dunia dengan kapasitas 20 ton,’’ jelasnya.

Sementara ikan yang dibeli perusahaan tersebut adalah ikan Tuna Loin dan sudah dibelah. Sedangkan SMK Negeri 1 Banda sebagai mitra akan dijadikan sebagai pengelola. “Dan alumni SMK dan siswa SMK yang pernah magang di Bali dan Makassar akan dipakai perusahan tersebut sebagai tenaga teknik. Mereka semua di gaji dan khususnya SMK mendapat presentase keuntungan yang sudah ditetapkan dalam MoU nanti.

0 comments:

SAIL BANDA 2010

Serba-Serbi Banda Naira