Panitia Internasional Sail Banda 2010 Akan Survei Tiga Lokasi

Ambon - Panitia internasional "Sail Banda 2010" dari berbagai negara bahari (maritim internasional country) akan melakukan survei pada tiga lokasi yang akan dijadikan pusat kegiatan layar di Provinsi Maluku setelah Lebaran 1430 Hijriah.

"Selepas Lebaran, panitia internasional akan mengunjungi Maluku untuk melakukan survei di tiga lokasi yang menjadi pusat kegiatan Sail Banda 2010," kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Maluku, Bakrie Lumbessy, di Ambon, Jumat.

Tiga lokasi yang ditinjau adalah Kepulauan Lucipara, Pulau Banda, dan sebuah lokasi diving di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)

Panitia internasional yang selama ini juga telah sukses menyelenggaran "Sail Bunaken" di Provinsi Sulawesi Utara yang diikuti ratusan perahu layar dari berbagai negara.

Menurut dia, tiga lokasi yang telah ditetapkan menjadi tempat kegiatan "Sail Banda 2010" itu memiliki keindahan panorama bawah laut yang eksotik karena terdapat aneka jenis terumbu karang dan ikan hias yang sangat indah.

"Khusus untuk lokasi pelaksanaan upacara bendera di bawah laut, telah ditetapkan sebuah pulau terluar di Kabupaten MBD (Maluku Barat Daya)," katanya.

Rencana pelaksanaan "Sail Banda 2010" yang akan diikuti ratusan perahu layar dari berbagai negara di belahan dunia itu dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 28 Agustus 2010.

Untuk kawasan perairan Pulau Banda sendiri, sudah dikenal memiliki palung laut terdalam dan dihiasi aneka jenis coral (terumbu karang) yang warna-warni.

"Banda juga memiliki aneka objek wisata kebudayaan dan sejarah serta terkenal di zaman penjelajahan samudera sejak abad 15 karena rempah-rempah sehingga dicari bangsa Eropa, kemudian ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO," katanya.

Infokom juga meminta peran aktif insan pers di daerah ini untuk bersama-sama pemerintah dan seluruh komponen masyarakat menyukseskan kegiatan internasional itu sejak sekarang.

"Makanya, kami akan menggunakan sistem pelayanan informasi satu pintu atau semacam media center dan merangkul seluruh media cetak maupun elektronik di daerah ini agar pemberitaannya lebih harmonis," katanya. [sumber]

0 comments:

SAIL BANDA 2010

Serba-Serbi Banda Naira